APLIKASI KANTOR E – OFFICE BERBASI ELEKTRONIK

APLIKASI KANTOR E – OFFICE BERBASI ELEKTRONIK

Di dalam sebuah organisasi atau perusahaan, seluruh aktivitas dan tata kelola di anjurkan untuk dapat di jalankan secara cermat oleh para stakeholder. Tetapi, bila aktivitas yang berada dalam tata kekola ini memiliki sifat yang kompleks atau rumit. Maka memerlukan sebuah sistem (aplikasi) yang dapat mendukung secara kontinu dan dapat melakukan pengotomatisan di hampir semua proses pada pengolahan data di administras dan aktivitas pekerjaan yang di lakukan oleh pegawai. Dengan begitu, aktivitas yang di lakukan di dalam perusahaan dapat di lakukan secara efektif dan tentunya efisien. Untuk mencapai tujuan akhir yang terdapat di dalam visi dan misi perusahaan secara optimal.

Sistem (aplikasi) yang dapat mendukung terhadapat aktvitas dan proses yang mencakup tata kelola pada pekerjaan perusahaan biasa di kenal dengan E – Office. Sistem aplikasi E – Office ini menjadikan waktu pengolah data atau administrasi pekerjaan, komunikasi , koordinasi, pelapora, dan melakukan penyampaian dalam informasi menjadi lebih cepat dan tepat.

Sebener nya apa itu E – Office? E – Office (electronic office) atau dalam Bahasa Indonesia nya adalah perkantoran elektronik merupakan sistem aplikasi yang mendukung untuk melakukan tata kelola perkantoran atau perusahaan yang berbasi elektronik. Sistem aplikasi E – Office ini dapat mengganti proses administrasi dan manajemen yang sebelum nya masih berbasi secara manual. Sistem aplikasi E – Office itu memanfaat kan beberapa fasilitas, contoh nya seperti fasilitas jaringan komputer, jaringan internet, atau pun jaringan yang lain nya. Maka dari itu, sistem aplikasi E – Office juga dapat di artikan sebagai sebuah sistem aplikasi yang dapat membantuk menjalan kan serta mengatur aktivitas dan kinerja pada setiap pegawai di suatu kantor atau perusahaan.

Kehadiran E – Office sangat di perlukan untuk suatu perusahaan mau pun instansi. Karena proses untuk melakukan pengolahan data adalah bagian yang ter sulit di dalam lingkungan perkantoran. Karena suatu data harus di olah secara tepat, agar hasil yang di berikan dari data tersebut itu valid atau benar. Hal seperti ini tentu bertambah sulit bila terdapat perbedaan jarak di antar kantor, ini ber dampak pada proses nya yang menjadi terhambat. Peran dari sistem aplikasi E – Office ini sangat membantu perusahaan untuk menyampaikan pesan berupa informasi dan aktivitas komunikasi. Mau pun di dalam lingkungan perusahaan, atau pun antar perusahaan, dan sampai hubungan perusahaan dengan pihak yang berada di luar perusahaan. Peran dari sistem aplikasi E –Office juga dapat mempercepat proses dalam penyampain suatu laporan, yang membuat pimpinan sangat terbantu dalam pengambilan suatu keputusan.

Yang dapat di tangani oleh sistem aplikasi E – Office ini pada awal nya adalah untuk mendukung kebutuhan suatu perusahaan, mencakup pemrosesan naskah dinas untuk instansi pemerintan atau persuratan untuk perusahaan. Tetapi, dengan berkembangan nya kebutuhan para perusahaan untuk memproses sebuah tata kelola administrasi, maka perusahaan banyak yang mengembangkan modul yang baru, seperti :

  1. Modul tata naskah dinas / persuratan
  2. Modul keuangan
  3. Modul karyawan / pegawai
  4. Modul kelahiran
  5. Modul penggajian / payroll
  6. Dan lain – lain

Peran sistem aplikasi E – Office memiliki peran yang besar untuk mensukseskan program tata kelola pada pemerintah. Instani – instansi yang telah mengadposi E – Government di harapkan bisa mendapatkan predikat instansi  yang memiliki tata kelola pemerintahan yang baik.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *